Tuesday, November 20, 2012

Jus yg Sehat

Tidak semua jus itu sehat, apalagi jus botolan atau kalengan.
Sedangkan jus yg dari buah asli aja, belum tentu sehat, mungkin buah atau sayurnya sudah bagus, tapi cara mengolahnya yg salah, memakai gula atau sirup dalam jumlah banyak, atau memblender terlalu lama, sehingga panas dari pisau blender merusak vitamin buahnya.
Kita tidak bisa mengontrol pembuatan jus, kalau beli di restoran, jadi alangkah baiknya, jika jus itu kita buat sendiri dirumah, dan jus itu langsung diminum dalam waktu kira2 15 menit setelah di blender, agar kandungan gizinya masih baik dan belum rusak. Tidak dianjurkan membawa bekal jus yg dibuat pagi hari ke sekolah atau kantor, karena kita tidak tahu, apakah sudah terjadi reaksi kimia dalam jus yg justru akan merugikan kesehatan kita sendiri, misalnya, bila kurang bersih, atau karena udara panas, mungkin bisa terjadi fermentasi yg membuat jus menjadi basi.
Untuk bekal, lebih baik bawa buah utuh, seperti apel, pisang atau jeruk.

Kalau ada pilihan, antara buah potong dan jus, buah potong memang lebih baik, tapi pada keadaan tertentu, misalnya waktu lagi di kemo, sering tidak ada nafsu makan, mual dan terkadang sulit menelan, maka jus adalah pilihannya...Karena lebih mudah dikonsumsinya, sebaiknya memakai sayuran yg organik...
Sebisanya tidak memakai gula, tapi kalau kurang manis, bisa ditambahkan madu asli.







 Ini beberapa resep jus yg sering dibuat dirumah




 Jus Bayam Merah :
 isinya bayam merah, sirsak dan 1 jeruk nipis + es batu



 Jus sawi hijau :
isinya sawi hijau, nanas dan 1 jeruk nipis + es batu





Jus Ubi ungu :
isinya cuma ubi ungu rebus, havermout dan susu kedelai + es batu







Smoothie banana-strawberry :
isinya strawberry, pisang, yoghurt strawberry dan havermout + es batu








Jus apel :
isinya apel, kalau ga ada granny smith, bisa diganti apel Malang atau apel Fuji, kale bisa diganti dgn sawi hijau, lainnya seperti resep yg digambar..




 

Jus bayam hijau atau horenzo (bayam Jepang) :
isinya bayam, brokoli, sirsak dan 1 jeruk nipis + es batu




Jus buah naga merah
Isinya : buah naga merah dan plain yoghurt + es batu






Jus bit :
isinya bit, sirsak dan 1 jeruk nipis + es batu

itu Sushi yg ada difoto, beli di Kamome....heheheheee...
Menu ini cukup untuk makan siang..

Catatan :
penambahan es batu disini, tidak hanya agar jus menjadi dingin, tetapi juga untuk menghindari rusaknya kandungan gizi karena panas dari pisau blender dengan menjaga temperatur jus.

1 comment:

  1. Rajinnya bunda senang liat postingan2 bunda. Salam kenal,, Sdh lama sy baru buka g+ lagi..resep2nya sdh banyak....terima kasih tambahan ilmunya, semoga bunda selalu sehat dan disembuhkan dari sakitnya..amiin. izin share bunda

    ReplyDelete