Saturday, November 17, 2012

Makan buah potong di pagi hari utk sarapan

Biasanya begitu bangun tidur, mama minum air putih dengan perasan lemon atau jeruk nipis, kemudian makan buah potong sebagai sarapan.





Kombinasikan aja buah2annya, yg ada di kulkas, ber macam2 warna, karena setiap warna mewakili vitamin dan antioxidant yg berbeda.




 Misalnya, seperti gambar2 yg dibawah ini....




                                    


Lebih baik memakan buah potong dari pada di jus karena dgn mengunyah pelan2, melatih otot rahang, dan merangsang pengeluaran enzym di mulut jadi buahnya sudah mengalami proses pencernaan awal dimulut, sehingga ketika masuk keperut, mudah diserap oleh tubuh vitaminnya.


                                    

Tapi di jus juga ga apa2, dari pada engga makan buah sama sekali, asal jangan diberi tambahan gula, dan tidak terlalu lama di blender krn panas dari pisau blender akan menghilangkan vitamin pada buah.
Minum jus juga pelan2, supaya bisa tercampur dgn enzym mulut, dan gula darah tidak terlalu cepat naik, karena buah2an sudah mengandung fruktosa (gula buah).


                                    

Kenapa makan buah dipagi hari sebelum sarapan...? Karena pada saat perut kosong itu, vitamin mudah terserap, tidak terganggu oleh proses pencernaan makanan. Jadi yg selama ini yg biasa kita lakukan, bahwa buah dimakan sebagai pencuci mulut, mungkin kurang tepat. Sebaiknya berikan jeda waktu, antara makan buah, dgn makan nasi atau yg lainnya kira2 2jam, agar vitamin dari buah bisa diserap maksimal oleh tubuh.

No comments:

Post a Comment