Saturday, November 17, 2012

Menata Pola Makan bagi penderita Kanker

Sebenarnya, kalau kata dokter, tidak ada pola makanan khusus utk penderita kanker, apa saja boleh, walaupun di internet banyak artikel tentang penderita kanker yg ga boleh makan ini, ga boleh makan itu.
Jadi sebenarnya, hanya menata kembali pola gaya hidup kita, dan ini berlaku utntuk semua orang, agar memiliki gaya hidup yg lebih sehat. Dan harus diingat, semua orang memiliki bibit sel2 kanker dalam tubuhnya, jadi siapa pun bisa terkena kanker, karena penyebab pastinya sampai saat ini belum diketahui.





Memang sel kanker akan berkembang lebih cepat, dalam suasana asam, karena itu kurangi makanan2 yg bersifat asam (bukan yg rasanya asam ya, seperti jeruk nipis, rasanya asam, padahal sifat kimianya basa/alkalin), yaitu makanan2 seperti daging2an, jeroan, lemak, goreng2an, gula, junk food, pokoknya makanan dalam kategori bad food.
Sel kanker akan terhambat perkembangannya dalam suasana basa/alkalin, yg terkandung dalam sayuran, buah2an dan biji2an.
Disamping itu, tentu sayuran organik lebih baik, karena tidak disemprot pestisida dan memakai pupuk organik., juga ayam organik atau ayam kampung organik, pastinya lebih baik dari pada ayam broiller yg disuntik hormon.






Pada dasarnya, Mama hanya perlu mengatur nutrisi dgn pola menu seimbang, memakai bahan2 yg baik dan segar, tanpa lemak, tidak memakan daging2 yg dioleh dan diawetkan seperti sosis, korned, smoke beef, salami, chicken nugget, yg mungkin dulu terbiasa utk di konsumsi.
Juga mengganti roti putih dgn roti gandum, mengganti nasi putih dgn nasi merah atau nasi hitam.








Pertamanya memang tidak mudah, masih ngiler kalau lihat rendang, gepuk, atau ayam panggang, tapi lama2 juga biasa, dan bisa buat ayam panggang sendiri dari ayam organik. Mama memperbanyak makan ikan, telur, tahu dan tempe sebagai sumber proteinnya.

 Nasi hitam, pepes ikan, lalab, dan tempe goreng ( Duuuh...mama masih belum bisa ga makan gorengan sama sekali, karena mama suka banget tempe goreng...tempe rebus, mana enaaak....?? Hiks...hiks...hiks..)



Dan memperbanyak makan sayuran segar (mentah), karena vitamin akan hilang dgn pemanasan 80 derajat, Celcius, kecuali vitamin A masih kuat dgn pemanasan 110 derajat Celcius.
Naaah....sekarang, kalau kita masak sayur, kan sampai mendidih? Mungkin bahan makanannya sudah benar, sayur2an, tapi cara mengolahnya yg salah, sehingga vitaminnya sudah hilang.
Jadi memang sebaiknya makan buah, atau sayuran dalm keadaan mentah, seperti karedok, salad, dll.
Menumis sayuran dgn cepat juga masih lumayan, jadi kita ga makan sayuran mentah terus...ntar kalian bertiga, protes lagi....emang kita keluarga kelinci....?? Hahahahaaa....

Salad : Telur rebus, kembang kol rebus, bit rebus, wortel, daun selada, wortel dan alfafa sprout.







Homemade Vietnamesse Spring Roll dgn acar bit, brokoli, kembang kol, wortel dan romain lettuce.





Pada dasarnya, banyaklah makan plant base diet, perbanyak sayur2an dan buah2an segar (bukan buah2an yg dikalengkan, seperti fruit cocktail, dll)



                                         Salmon Sushi dgn selada




Atau menu yg sangat sederhana, seperti nasi merah, sayur bayam, telur dadar dan tahu.

Pokoknya, menjalani pola hidup sehat, cukup tidur, makan sehat dan olahraga 30 menit setiap hari.
Apakah mama sudah olahraga 30 menit setiap hari....? beluuuum....! Hahahahaaaa....suka angin2an, kalau lagi mau, ya rajin olahraganya....tapi masih banyakan malesnya....hihihiiiii..... Makanya, kalian bertiga bantu mama dong, temenin mama jalan pagi kek...atau olahraga yg lainnya....


http://www.ehow.com/way_6170861_meat-good-cancer-patient_.html



No comments:

Post a Comment